MUSRENBANG RKPD TAHUN 2021 KECAMATAN BAMBANGLIPURO

Jumat Wage, 28 Februari 2020 13:54 WIB ∼ 203

Foto Berita

BAMBANGLIPURO – Kegiatan MUSRENBANG (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) RKPD Tahun 2021 Kecamatan Bambanglipuro telah terselenggara dengan lancar Jumat (28/2) di Pendopo Kecamatan Bambanglipuro.

Acara tersebut dihadiri oleh Tim Kabupaten yang dipimpin oleh Kepala Bappeda, Muspika Kecamatan Bambanglipuro, Perangkat Desa se-Kecamatan Bambanglipuro, Ketua Ormas, serta Tokoh Masyarakat Kecamatan Bambanglipuro. Kegiatan Musrenbang merupakan agenda tahunan untuk menjaring aspirasi masyarakat yang direncanakan akan dilaksanakan tahun mendatang.

Camat Bambanglipuro, Drs. Lukas Sumanasa, M.Kes. memberikan sambutan dan membuka acara Musrenbang RKPD 2021. Beliau menyampaikan bahwa Kecamatan Bambanglipuro yang terdiri dari tiga desa lebih mengarah ke bidang pertanian. Desa Sumbermulyo mengembangkan Kampung Anggur di pedukuhan Plumbungan Kampung anggrek dipedukuhan Kanutan Kampung Melati di pedukuhan Gunungan dan akan dirintis kampung baru yaitu kampung Ciplukan di pedukuhan Tangkilan serta kampung Lidah buaya di pedukuhan Kaligondang. Sedangkan Desa Mulyodadi mengembangkan produksi olahan dari gayam dan Desa Sidomulyo mengembangkan Kampung Pisang dipedukuhan Ponggok. Harapannya ke depan Kecamatan Bambanglipuro lebih Maju.

 

Kepala Bappeda Ir. Isa Budihartomo, MT, menyampaikan sambutan dari Bupati bahwa Musrenbang RKPD di Kecamatan merupakan amanat UU No 25 Tahun 2004 tentang sistem pembangunan yang terintegrasi. Hasil dari musrenbang RKPD di Kecamatan akan dijadikan masukan Rencana Kerja Pembangunan Daerah. Pencapaian Kinerja ditahun 2019 terkait Kemiskinan, Ketimpangan Pendapatan Transportasi Ekonomi akan lebih dioptimalkan, untuk itu perlu dukungan dari Desa dan Kecamatan.

  

Selain itu, Kepala Bappeda memberikan arahan tentang RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) tahun 2021-2026 dengan slogan GERBANG PROJOTAMANSARI (Greget Membangun Bantul Projotamansari) bahwa Komposisi Pembiayaan Per Agenda 85% Mandatori (SPM) dan 15% Mandiri.

Adapun agenda RPJMD 2021-2026 sebagai berikut:

  • Agenda Revormasi Birokasi tujuannya Smart Services (Layanan CIVILAZATION, Layanan Kedaruratan, Layanan Perizinan,Green Governance)
  • Agenda Sejahtera tujuannya Pengembangan Wilayah,Penurunan Anka Kemiskinan (Validasi Data,Peningkatan Kapasitas,Pengurangan Beban)
  • Agenda Sehat tujuannya Peningkatan Usia Harapan Hidup (Kematian Ibu/Bayi,Kematian Laka dan Kenakalan,Kematian karena Sakit,Disaster)
  • Agenda Cerdas tujuannya Peningkatan Harapan Lama sekolah (Merdeka Belajar, Booster Talent, Beasiswa).

Acara berlangsung dari pukul 09.00-11.00 WIB.

 


Puskesmas
di Kecamatan Bambanglipuro

Puskesmas Bambanglipuro

Puskesmas Bambanglipuro

Jl. Samas KM 14,9, Kaligondang, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul
(0274) 7493809

Komando Rayon Militer Bambanglipuro

Koramil / Komando Rayon Militer Bambanglipuro

Jl. Samas KM 18,5 Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul

Kepolisian Sektor Bambanglipuro

Polsek / Kepolisian Sektor Bambanglipuro

Jl. Ganjuran No.128 Bambanglipuro Bantul
(0274) 766075

Kantor Urusan Agama Bambanglipuro

KUA / Kantor Urusan Agama Bambanglipuro

Ganjuran, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul
(0274) 368071